Latar Belakang Toolkit

Selama beberapa dekade, film dan video dianggap sebagai media yang ampuh untuk mengomunikasikan berbagai ide, visi, dan membuka persoalan dan tantangan yang muncul dalam kehidupan sosial, politik, dan lingkungan hidup. Film dan video menjadi alat penting dalam perkembangan hak asasi dan apa yang sedang terjadi di dunia global.

Semakin mudahnya akses pada kamera, perlengkapan produksi, dan berbagai platform distribusi yang baru, siapa pun semakin mampu untuk melibatkan diri, melakukan advokasi, dan perubahan sosial. Peluang tersebut memungkinkan lebih banyak orang untuk bercerita dan berbagi kisah mereka dengan penonton yang lebih luas.

EngageMedia bersama Video4Change Network melihat adanya kebutuhan untuk mengumpulkan tips, alat, pendekatan, dan sumber daya sebagai panduan penggunaan film dan video yang efektif bagi perubahan sosial.

Kami juga menyadari bahwa satu paket pendekatan dan definisi yang dimiliki bersama bermanfaat bagi para praktisi Video for Change. Toolkit ini dirancang untuk membantu berbagai organisasi dan individu membangun strategi yang kuat dan melihat kembali apakah kerja mereka sudah efektif.

Tentang Para Penulis

EngageMedia membuat toolkit ini bersama jaringan Video4Change, sebuah perkumpulan organisasi yang menggunakan video sebagai alat untuk mendorong perubahan sosial.

Jaringan Video4Change mengumpulkan praktisi Video for Change dalam membuat, mendistribusikan, mendokumentasikan, dan berbagi berbagai pengalaman, pembelajaran, dan materi pelatihan. Anda dapat menemukannya melalui toolkit ini.

Versi pertama Video for Change Impact Toolkit direalisasikan berdasar riset kolaboratif dengan School of Humanities and Communication Arts at Western Sydney University dan MIT’s Open Documentary Lab.

Fokus Toolkit

Video for Change Impact Toolkit ini membantu praktisi Video for Change untuk merancang dan mengevaluasi dampak sosial. Ini bukanlah panduan how to (bagaimana cara) yang utuh, Anda tidak akan menemukan cara mengambil gambar dan mengedit video. Toolkit ini juga tidak membahas penggunaan video untuk penggalangan dana atau crowdsourcing.

Toolkit ini menekankan pada proses kerja dan produk yang dihasilkan, mengajak Anda mengeksplorasi lebih jauh berbagai jenis dan kemungkinan produk (video) dan distribusi dalam menciptakan perubahan. Toolkit ini juga mengeksplorasi tantangan dan kesempatan baru dalam gerakan sosial dengan pendekatan Video for Change.

Seiring kami membahas berbagai bentuk video, fokus kami adalah penggunaan video pendek – terutama video dengan anggaran rendah. Hal itu memungkinkan pembuat video dengan berbagai tingkatan kemampuan, sumber daya, dan teknologi dapat akses yang lebih luas untuk berpartisipasi bersama masyarakat yang juga memiliki kemampuan penggunaan teknologi yang beragam.

Silakan kunjungi bagian Sumber Daya di website Video4Change untuk mendapatkan informasi dan pedoman praktis tentang berbagai topik seperti proses editing, pembuatan film, penyimpanan data, serta informasi penting lainnya.

Kerangka Kerja Toolkit

Toolkit ini berdasarkan pada prinsip bahwa perubahan sosial tidak langsung terjadi saat selesainya sebuah video. Perubahan sosial dan menciptakan suatu dampak adalah hasil dari penelusuran sebuah jalur yang berkelok-kelok, sebuah perjalanan yang tidak singkat dan tidak sederhana.

Prinsip tersebut penting untuk memperlancar dan mencapai perubahan yang dapat diterima dan sekaligus dilakukan sendiri oleh komunitas, dan karenanya dapat bertahan dalam waktu yang lama. Ini adalah hal yang unik dari pendekatan Video for Change.

Lebih jauh lagi, Video for Change adalah sebuah pendekatan utuh yang mempertimbangkan semua kegiatan dan kapasitas kegiatan tersebut untuk menciptakan perubahan, tidak hanya berfokus pada efek dari sebuah produk video saja.

Inisiatif Video for Change tidak menghalalkan segala cara, inisiatif juga diukur oleh dampak yang tidak diinginkan atau dampak negatif yang muncul. Untuk itu adalah penting memahami etika di dalam pendekatan Video for Change. Anda dapat pelajari hal ini di bagian Nilai dan Metode.

Inti Impact Toolkit mencakup:

Inti Toolkit

  • Mendefinisikan Dampak dan Video for Change – mengeksplorasi berbagai jenis dampak dan perubahan sosial yang dituju para praktisi Video for Change.
  • Nilai dan Metode – memahami etika dan proses Video for Change.
  • Riset dan Perencanaan – menentukan titik awal untuk melibatkan komunitas dalam upaya-upaya menuju perubahan.
  • Peningkatan Kapasitas – mengeksplorasi rangkaian aktivitas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan/kemampuan, pengetahuan, dan jaringan dari komunitas yang terlibat.
  • Pembuatan Film dan Proses Produksi – menguraikan proses produksi video dan berbagai hal penting yang memungkinkan terciptanya suatu dampak.
  • Penjangkauan, Distribusi dan Keterlibatan — membahas keterlibatan penonton pada video untuk menciptakan suatu perubahan sosial.
  • Evaluasi — menilai dampak yang diciptakan oleh pendekatan Video for Change ini dalam keseluruhan proses.

Proses dua hal inti yaitu Riset dan Perencanaan dan Pembangunan Kapasitas, terdiri dari 3 metode:

Metode Pra-Produksi

  • Rancanglah — menjelaskan bagaimana membuat rencana strategis untuk inisiatif Anda.
  • Evaluasi — menyarankan indikator yang dapat membantu Anda untuk mengukur dampak.
  • Referensi — sebuah daftar referensi dan sumber daya online untuk memperkaya pengetahuan.

Proses Pembuatan film dan Produksi dan Penjangkauan, Keterlibatan, dan Distribusi, meliputi 4 metode:

Metode Produksi dan Pascaproduksi

  • Potensi Dampak – menjelaskan apa dampak yang akan muncul dari tahapan-tahapan proses ini.
  • Strategi – menjelaskan bagaimana membuat strategi inisiatif video Anda.
  • Evaluasi – menyarankan indikator yang dapat membantu Anda untuk mengukur dampak.
  • Referensi – sebuah daftar referensi dan sumber daya online untuk memperkaya pengetahuan.
Setiap bagian dari Evaluasi menghubungkan Anda ke bagian Evaluasi. Kami mengajak Anda melakukannya sejak awal dan selama proses berlangsung, meski bagian Evaluasi ini ada di akhir dan (sering kali) merupakan langkah terakhir yang akan Anda lakukan.

Toolkit membantu Anda mengidentifikasikan dampak akhir yang diinginkan dan apa saja yang Anda ingin pelajari selama proses tersebut berjalan. Membuat daftar catatan tahapan akan membantu Anda memeriksa jalannya proses inisiatif video Anda. Catatan tersebut membantu Anda lebih memahami apa yang berhasil dan apa yang tidak, sehingga Anda dapat menyesuaikan strategi nantinya.

Sebelum lanjut, mari kita menyimak pesan Dina Purito Antonio, seorang jurnalis, penulis, dan pendongeng visual soal gunanya Impact Toolkit.

Siapa pengguna toolkit ini?

Toolkit ini dibuat untuk 3 pengguna utama :

  1. Organisasi Video for Change yang sudah ada, termasuk organisasi anggota Video4Change Network yang sudah menggunakan video sebagai pendekatan untuk membuat perubahan sosial.
  2. Pembuat video yang sedang mencari sumber daya yang akan membantunya menggunakan video sebagai pendekatan dalam membuat perubahan secara aman dan efektif.
  3. Organisasi non profit yang sedang menggunakan atau sedang mempertimbangankan penggunaan Video for Change dalam pekerjaannya.

Kami merancang Toolkit ini untuk individu dan organisasi yang bekerja dengan anggaran minim dalam mewujudkan inisiatifnya. Toolkit ini dibuat untuk mengumpulkan serta memperkuat komunitas praktisi Video for Change.

Toolkit ini adalah dokumen yang terus bertumbuh. Kami akan menambahkan informasi dan sumber daya dari anggota komunitas kami seraya kami berkembang. Silakan hubungi kami jika Anda ingin berbagi saran, pendapat, atau studi kasus.

Cara menggunakan Toolkit