Cara menggunakan toolkit

Toolkit ini adalah panduan yang fleksibel. Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan dan konteks yang sedang terjadi. Anda dapat melompati bagian tertentu dalam toolkit ini dan menggunakan bagian-bagiannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sebagai contoh, jika Anda baru saja memulai inisiatif Anda, Anda dapat mengawalinya dengan mempelajari Nilai dan Metode (juga bagi Anda yang sudah berpengalaman, kami merekomendasikan Anda memulainya di sini untuk mempertimbangkan etika dan prinsip dari gerakan Anda saat ini).

Jika Anda berada di tengah proses inisiatif video Anda atau jika Anda sudah merancang dampak yang ingin diraih, Anda dapat langsung masuk ke bagian yang terkait. Jika sudah mendekati akhir inisiatif, mungkin Evaluasi lebih bermanfaat untuk Anda, meski kami mengajak Anda untuk menggunakan evaluasi sebagai metode yang digunakan sepanjang proses berjalannya proyek Anda.

Kami sadar bahwa praktisi Video for Change seringkali memiliki sumber daya yang terbatas, sehingga pendekatan yang bersifat instruksional adalah hal yang tidak realistis bagi banyak kelompok yang bekerja dengan banyak batasan. Untuk itu, dalam merancang dan menilai dampak, kami berusaha menemukan keseimbangan antara pengumpulan data dan cerita inspiratif agar Anda dapat menjalankan inisiatif dengan fleksibel. Kami berharap toolkit ini dapat membantu Anda mencapai tujuan inisiatif Anda.

Apa itu Video for Change?