Evaluasi

Evaluasi adalah sebuah proses berkesinambungan untuk memetakan apa yang berhasil dan yang tidak di sepanjang jalannya program dan saat inisiatif video Anda berakhir. Evaluasi membantu menunjukkan kemajuan atau keberhasilan program dan untuk belajar dari kekurangan maupun hal-hal yang belum dapat dicapai.

Meskipun kami menempatkan “Evaluasi” di akhir, kegiatan ini harus menjadi bagian seluruh proses, dengan cara menerima masukan lalu membuat penyesuaian yang diperlukan.

Dengan mengevaluasi kegiatan dan hasil dari sebuah inisiatif — mulai dari Penelitian dan Perencanaan, Peningkatan Kapasitas, Pembuatan Film dan Produksi, hingga Penjangkauan, Distribusi dan Keterlibatan — Anda dapat bersikap kritis terhadap desain dan implementasi inisiatif tersebut, termasuk dampaknya.

Informasi yang Anda kumpulkan membantu Anda untuk mengomunikasikan dengan lebih baik pembelajaran dan dampak program kepada orang lain. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan hubungan dengan masyarakat, menjaga semangat staf, menarik dan mempertahankan dukungan dari donor Anda saat ini maupun donor potensial, mitra, dan komunitas. Berbagi hasil dampak juga mendorong kemajuan inisiatif Anda secara keseluruhan — semacam pembelajaran kolektif. Singkatnya, proses evaluasi yang komprehensif dapat menjadi batu lompatan dan wadah bagi kolaborasi selanjutnya.

Untuk mendapatkan proses evaluasi yang efektif, praktik terbaik adalah dengan melibatkan tim, mitra, pemangku kepentingan, dan komunitas terdampak. Refleksi dan penilaian dari mereka akan lebih berharga daripada penilaian yang Anda buat sendiri untuk mengungkap wawasan dan dampak yang telah dibuat oleh inisiatif Video for Change Anda.

Evaluasi untuk inisiatif Video for Change berfokus pada dua pendekatan evaluasi yaitu: ‘evaluasi perkembangan’ dan ‘evaluasi akhir.’

Jumlah evaluasi yang Anda lakukan akan tergantung pada sumber daya, strategi, dan rencana Anda untuk menggunakan informasi yang Anda kumpulkan. Evaluasi penuh bisa menjadi kegiatan yang sangat besar dan sebagian organisasi nirlaba mapan atau universitas bisa menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mengevaluasi suatu inisiatif.

Sayangnya, penyandang dana sering kali tidak menyediakan banyak sumber daya untuk kegiatan evaluasi. Namun, jika Anda memiliki kesempatan, kami sarankan untuk memasukkan 5% dari anggaran Anda ke dalam kegiatan ini dan memberi tahu pemberi dana mengapa hal ini sangat penting. Salah satunya, agar mereka terinformasi tentang efektivitas (atau sebaliknya) dari strategi pendanaan mereka.

Evaluasi Perkembangan