Evaluasi Perkembangan

Adalah praktik yang baik untuk menggunakan metodologi pengawasan (monitoring) dan evaluasi guna melacak kesesuaian desain dan implementasi program di sepanjang jalannya inisiatif video Anda. Ini memungkinkan Anda menilai suatu program, meningkatkan efektivitasnya, dan membuat pertimbangan tentang keputusan yang harus diambil. Kami menyarankan beberapa metodologi di bawah ini.

Evaluasi perkembangan dapat terjadi di titik manapun pada proyek Anda. Kegiatan ini bisa sesingkat 15 menit check-in di tengah suatu tahapan, semisal setelah screening kecil, kunjungan lokasi, atau pertemuan. Anda bersama tim kerja, dapat menyampaikan beberapa pertanyaan sederhana seperti :

  • Bagaimana perasaanmu soal kegiatan yang baru saja dilakukan?
  • Apa yang sudah berjalan baik dan apa yang belum?
  • Apakah kegiatan tadi sesuai dengan tujuan kita?

JIka Anda ingin melakukan evaluasi semacam ini secara lebih menyeluruh dan konsisten dalam inisiatif Video Anda, silakan mempelajari metode feedback loops ini.

Ini bisa menjadi penanda capaian setelah Anda menyelesaikan satu tahap, misalnya di akhir pembuatan film. Salah satu keuntungan melakukan evaluasi perkembangan adalah Anda dapat ‘membungkus’ semua data dan informasi yang telah dikumpulkan ke dalam evaluasi akhir. Jadi, penting (dan jauh lebih efisien) untuk mengumpulkan data seraya menjalankannya.

Mencoba mengumpulkan semua data pada akhir proses inisiatif akan sulit. Jika Anda harus melapor kepada penyandang dana, mengumpulkan data, dan melakukan evaluasi selama inisiatif berlangsung akan menghemat banyak waktu Anda. Ini juga membantu upaya penjangkauan Anda, yaitu dengan tersedianya informasi terkini untuk disampaikan secara berkala pada para pemangku kepentingan.

Strategi

Luangkan waktu dan renungkan apa yang terjadi pada setiap langkah inisiatif video Anda. Masukkan kesempatan-kesempatan untuk berefleksi sesering yang Anda rasa perlu. Kami menyarankan Anda melakukan beberapa evaluasi singkat setelah kegiatan atau capaian tertentu. Anda bisa mulai dengan bertanya kepada semua orang apakah mereka merasa telah mencapai apa yang mereka inginkan, dan bagaimana mereka tahu. Evaluasi singkat ini penting, karena:

  • memungkinkan peserta untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan mereka tentang konten
  • memungkinkan peserta untuk belajar dari satu sama lain
  • mengumpulkan umpan balik secara ‘langsung’
  • memantik gagasan tentang cara meningkatkan aktivitas Anda di kesempatan lain
  • menciptakan lingkungan yang positif dan terbuka.
Metode Evaluasi