Metode Evaluasi

Evaluasi Kualitatif dan Kuantitatif

Metode kualitatif membantu Anda memahami pergeseran persepsi, keyakinan, perilaku, dan pemahaman. Ini paling sering dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan kelompok fokus.

Metode kuantitatif menekankan pada pengukuran objektif dan analisis data statistik atau numerik untuk memahami keluaran (output) dan hasil dari inisiatif Anda. Data-data ini paling sering dikumpulkan melalui jajak pendapat, kuesioner atau survei.

Tergantung pada apa yang perlu Anda ketahui, kedua metode kualitatif dan kuantitatif ini berguna dan sebagian besar evaluator menggunakan kombinasi keduanya.

Dengan semakin banyak orang mengakses dan berbagi video online, mengumpulkan data kuantitatif menjadi semakin mudah. Tombol likes, hit, klik, dan fitur lainnya dapat disediakan oleh platform media sosial atau untuk website Anda sendiri. Anda bisa menggunakan sistem seperti Google Analytics atau sumber alternatif seperti Matomo untuk melacak berapa banyak orang mengunjungi website Anda dan dari mana.

If you torture the data long enough, it will confess.” — Ronald Coase
Namun berhati-hatilah agar Anda tidak tergoda oleh data semata. Data dapat dimanipulasi untuk mengatakan apa pun yang ingin Anda katakan. Biasanya data memberitahu tentang “apa” yang terjadi, tetapi memiliki keterbatasan menjelaskan tentang “mengapa” atau “bagaimana” itu terjadi.

Pergeseran keyakinan dan perilaku juga lebih relevan dengan pertanyaan tentang hak asasi manusia dan dampak sosial, daripada pertanyaan tentang berapa banyak orang yang “menonton” atau “menyukai” film Anda.

Karena alasan ini, pendekatan Video for Change cenderung lebih menyukai metode kualitatif, atau memastikan bahwa data kuantitatif diinformasikan dengan baik oleh informasi kualitatif lainnya.

Contoh Metode

Berbagai metode di bawah ini memberikan peluang pertukaran pengetahuan lebih lanjut serta peningkatan kapasitas individu dan kolektif. Peningkatan kapasitas dapat menjaga momentum dampak dari inisiatif dan menyiapkan landasan untuk kolaborasi baru.

Cerita Dampak

Sebuah cerita dampak bertujuan untuk mengomunikasikan pemahaman mendalam tentang apa yang terjadi selama proses inisiatif Video for Change berlangsung, serta bagaimana dan mengapa itu terjadi. Dari dokumentasi yang Anda kumpulkan di tiap tahap inisiatif video Anda, Anda dapat membuat narasi yang menarik dengan menggabungkan hasil evaluasi dan cerita dampak, yaitu bagaimana inisiatif Anda berpengaruh pada berbagai pemangku kepentingan yang terlibat.

Cerita dampak dapat memanfaatkan beragam media, termasuk infografis, hasil survei, foto, tulisan, audio, dan tentu saja, video. Narasi Anda harus menyoroti saat-saat dimana perubahan nyata terjadi, atau ketika individu mengubah perilaku atau pola pikir mereka.

Sebuah cerita dampak juga harus mempertimbangkan tujuan awal Anda: Apakah Anda dapat memenuhi tujuan? Bagaimana? dan di bagian mana inisiatif tersebut tidak dapat memenuhi harapan atau rencana? Apakah ada hasil positif atau negatif yang tidak terduga?

Survei

Survei tertulis atau online memungkinkan Anda untuk mendapatkan kesan individu dan data terperinci melalui pertanyaan spesifik yang ditujukan kepada anggota masyarakat, anggota audiens, mitra, dan pemangku kepentingan. Respons dapat bersifat rahasia atau anonim jika diperlukan.

Diskusi Kelompok Terarah

Diskusi kelompok terarah mengumpulkan para pemikir dan pemangku kepentingan terkait untuk membahas inisiatif Anda. Mereka membantu Anda menghasilkan ide, memberikan umpan balik tentang taktik, dan memberi pemahaman yang didasarkan pada pengetahuan dan pengalaman mereka sendiri.

Metode ini membantu Anda mengumpulkan perspektif yang beragam, yang dapat berkontribusi pada tahap riset dan perencanaan atau evaluasi, atau keduanya. Kelompok terarah juga merupakan cara yang efektif untuk membangun komunitas serta menciptakan penerimaan dan meningkatkan rasa kepemilikan.

Menilai Partisipasi dalam Proses Pembuatan Video

Metode ini menggabungkan pengalaman orang-orang yang telah terlibat dalam inisiatif video Anda, memastikan umpan balik mereka, baik positif maupun negatif, disertakan dan dipertimbangkan dalam evaluasi Anda. Secara sederhana ini dapat dilakukan dengan dua pertanyaan ini.

  • Apa yang membuat Anda (tidak) tertarik untuk terus mengikuti kegiatan ini?
  • Apa manfaat yang Anda dapatkan dengan mengikuti kegiatan ini?

Perubahan Paling Signifikan

Cerita dampak yang baik memasukkan cerita para peserta dan orang-orang yang telah dipengaruhi oleh proyek video Anda. Perubahan Paling Signifikan (Most Significant Change) adalah metode kualitatif terkenal yang menciptakan dan menganalisis kisah-kisah pribadi tentang perubahan dan mengevaluasi kisah mana yang paling signifikan bagi serangkaian pemangku kepentingan dan mengapa.

Ini memungkinkan orang untuk menceritakan kisah mereka sendiri tentang bagaimana inisiatif Anda mempengaruhi mereka, alih-alih hanya mengukur dampak dengan serangkaian indikator yang dibuat tanpa partisipasi mereka. Rick Davies menciptakan metode ini, yang juga digunakan untuk memahami dampak dari suatu inisiatif, termasuk berbagai dampak yang mungkin tidak terduga atau tidak direncanakan. Di Indonesia ada lembaga EMPATIKA yang menggunakan pendekatan riset partisipatif, yang lebih sensitif dan empatik untuk membangun kepercayaan partisipan dalam menceritakan pengalaman serta pandangan mereka.

Indikator-Indikator Evaluasi