Nilai dan Metode

Pertimbangan etis sangat penting untuk Video for Change yang efektif dan berdampak (impactful). Praktisi Video for Change perlu memahami nilai dan metode yang menjadi dasar dalam pendekatan ini, yang unik dan selaras dengan sektor hak asasi manusia dan gerakan sosial. Pendekatan ini berfokus pada kolaborasi dengan masyarakat terdampak dan gerakan sosial, yang seringkali fokus pada perlawanan terhadap institusi dan aktor yang berkuasa.

Kerangka Kerja Video for Change ada 5 nilai dan metode dasar, yaitu:

  • Pernyataan Dampak — Bagaimana kita meningkatkan peluang terwujudnya dampak sosial yang positif dan berkelanjutan?
  • Analisis Kekuasaan — Apa dinamika kekuasaan dalam proses tersebut dan bagaimana kita dapat mengatasi atau menyamaratakannya?
  • Partisipasi dan Inklusi — Di mana dan bagaimana kita dapat membangun partisipasi ke dalam proses dengan cara efektif sekaligus memberdayakan?
  • Akuntabilitas dan Transparansi — Bagaimana kita dapat bertanggung jawab dan menghormati komunitas kita dengan akuntabilitas dan transparansi?
  • Manajemen Risiko — Apa implikasi kegiatan kita bagi orang yang terlibat, dan bagaimana kita mengelola risiko?

Menerapkan nilai dan metode ini membuka peluang bagi terwujudnya dampak sosial yang tidak hanya bermakna, namun juga berkelanjutan karena ada saling percaya. Hubungan produktif terjalin karena saling menghormati.

“Seseorang tidak dapat mengharapkan hasil positif dari program aksi pendidikan atau politik yang tidak menghormati suatu pandangan tertentu tentang dunia yang dimiliki oleh rakyat. Program semacam itu merupakan invasi budaya, meskipun ada niat baik.”
Paulo Freire, Pedagogy of the Oppressed

Untuk menerapkan 5 metode dan nilai Video for Change akan membutuhkan lebih banyak sumber daya atau membatasi perencanaan Anda. Metode dan nilai ini mungkin tidak semuanya dapat dilaksanakan dengan sumber daya yang tersedia atau tidak semua sesuai dengan konteks video Anda. Cara terbaik adalah  menyadari dan menggunakannya ketika dirasa cocok dengan kebutuhan Anda.

Misalnya, metode ‘Pernyataan Dampak’ dan ‘Analisis Kekuasaan’ adalah metode yang paling cocok digunakan selama tahap perencanaan awal. Tiga nilai berikutnya – Partisipasi dan Inklusi, Akuntabilitas dan Transparansi, dan Manajemen Risiko – berlaku di seluruh siklus proses Video for Change.

Penjelasan kami tentang nilai dan metode ini bukan berarti pembuat video yang bekerja di luar Video for Change tidak menerima nilai tersebut atau bekerja secara tidak etis. Sebaliknya, nilai dan metode ini membentuk prinsip-prinsip panduan praktik Video for Change, menjadi dasar bagi kerangka kerja yang praktis untuk mengukur dampak.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang  betapa pentingnya nilai dan metode bagi Video for Change, silakan baca makalah penelitian akademis kami (dalam bahasa inggris).

Pernyataan Dampak