Pernyataan Dampak

Sebuah ‘Pernyataan Dampak’ menguraikan misi dan visi dari suatu gerakan atau inisiatif dan mengomunikasikan strategi dampak Anda ke seluruh pemangku kepentingan, terutama mereka yang paling terpengaruh.

Sebelum merilis sebuah inisiatif Video for Change, penting untuk menguraikan dampak yang diinginkan dan nilai yang diberikan untuk suatu komunitas. Mengetahui apa yang perlu dicapai oleh video Anda akan membantu Anda menciptakan, menyajikan, dan mengedarkan video Anda. Selain itu, mendefinisikan strategi dampak Anda adalah proses kolaboratif yang penting karena melibatkan semua yang ingin mendapatkan manfaat dari inisiatif video Anda.

Inisiatif Video for Change membutuhkan kerelaan waktu dan sumber daya para individu atau komunitas untuk mendukungnya. Sebelum mereka menyatakan komitmennya, Anda perlu mengajak mereka untuk memperkuat tujuan, serta naratif dari inisiatif Anda. Anda juga perlu memberitahu mereka tentang apa dan bagaimana komitmen mereka dan juga keuntungan yang mereka — dan pemangku kepentingan (stakeholder) lain — dapat peroleh.

Dalam membuat konsep Pernyataan Dampak, pikirkan dan jawablah pertanyaan berikut ini, idealnya dikonsultasikan bersama semua yang terlibat inisiatif Anda:

  • Jenis perubahan sosial seperti apa yang ingin Anda lihat sebagai hasil dari video Anda?
  • Apa, dan untuk siapa, dampak serta manfaat yang diharapkan dari inisiatif Video for Change, yang terkait dengan (para) komunitas yang terdampak? Atau untuk yang lain?
  • Mengapa Anda memilih video untuk mendorong perubahan sosial?
  • Mengapa Anda memilih untuk bekerja dengan komunitas tertentu?
  • Apa dampak yang ingin dituju oleh komunitas tersebut?
  • Bagaimana Video for Change inisiatif Anda selaras dengan gerakan dan upaya yang sudah ada?

Setelah menuliskan strategi dampak Anda ke dalam Pernyataan Dampak, penting untuk melakukan 2 hal:

  1. Menyampaikan perkembangan inisiatif secara terbuka dan jelas kepada para pemangku kepentingan (misalnya pemerintah daerah, kelompok aktivis di daerah, sekolah setempat, kelompok masyarakat, dan lain sebagainya).
  2. Melihat kembali Pernyataan Dampak di seluruh inisiatif untuk memastikan bahwa pernyataan tersebut terus relevan dan dapat menjawab kebutuhan masyarakat.
Contoh Pernyataan Dampak: Ahu Parmalim

Film pendek Ahu Parmalim, yang diproduksi oleh Kampung Halaman, menceritakan tentang seorang remaja yang mempraktikkan agama Parmalim, agama yang sedikit diketahui atau dipahami di Indonesia.

Mari kita lihat seperti apa Pernyataan Dampak proyek ini.

  • Perubahan sosial seperti apa yang Anda inginkan terjadi melalui video Anda?

Capaian jangka pendek kami adalah mengekspos audiens di Indonesia pada kehidupan penganut kepercayaan lokal, khususnya remaja Parmalim. Mereka memiliki akses yang terbatas pada pendidikan dan pasar tenaga kerja karena prasangka dan diskriminasi. Tujuan dari paparan ini adalah untuk berkontribusi pada perubahan jangka panjang. Kami ingin masyarakat Indonesia memahami dan menghargai kekayaan agama dan budaya masyarakat Parmalim untuk mengurangi stigma dan diskriminasi, untuk menciptakan penerimaan dan solidaritas di seluruh negeri, dan untuk secara positif mengubah sikap terhadap akses ke pekerjaan dan keterlibatan dalam politik.

  • Apa, dan untuk siapa, dampak dan manfaat yang diharapkan terjadi dari inisiatif Video for Change Anda terkait dengan komunitas yang terkena dampak? Atau untuk orang lain?

Untuk audiens Indonesia yang bukan Parmalim: Kami harap ini akan mengurangi prasangka dan diskriminasi, sebuah kesempatan untuk mendiskusikan pemahaman, penerimaan dan apresiasi terhadap adat dan agama Parmalim. Kami membayangkan hal tersebut menuju pada dampak jangka panjang yaitu perubahan tingkah laku individu dan kelompok untuk membuka akses pada pendidikan dan pekerjaan bagi mereka diluar.

Untuk anggota komunitas yang terkena dampak, anak muda Parmalim: Kami mengharapkan adanya peningkatan pengetahuan tentang komunitas mereka, serta kenyamanan untuk berdiskusi tentang adat dan budaya mereka. Kami berharap semakin terbukanya mereka pada akses pekerjaan di masa depan.

  • Mengapa Anda memilih video untuk mendorong perubahan sosial?

Kami ingin menceritakan kehidupan keluarga Parmalim yang mewakili komunitas mereka di mana keseharian mereka mengekspresikan kebahagiaan dalam menjalani tradisi dan juga tantangan hidup yang mereka hadapi sebagai minoritas. Video adalah cara terbaik untuk menunjukkan dan membangkitkan emosi melalui keindahan aktivitas keagamaan. Video juga media yang paling mudah diakses oleh audiens di mana pun untuk merasakan bagaimana menjadi orang Batak.

  • Mengapa Anda memilih untuk bekerja dengan (di) komunitas tertentu?

Kampung Halaman memiliki kontak langsung dan menjalin hubungan yang kuat dengan anggota komunitas Batak. Carles, subjek film ini terbuka untuk bekerjasama. Keluarga mendukung Carles untuk menceritakan hidupnya.

  • Apa dampak yang diinginkan oleh masyarakat?

Masyarakat menginginkan gambaran dan pemahaman yang lebih besar tentang siapa mereka dan tantangan apa yang mereka hadapi di Indonesia. Mereka berharap gambaran tersebut dapat berkontribusi pada akses dan peluang yang lebih besar bagi anak muda mereka.

  • Bagaimana inisiatif Video for Change Anda selaras dengan gerakan dan upaya yang sudah ada?

Di Indonesia ada beberapa LSM yang memperjuangkan toleransi beragama, bagian dari kelompok ‘Solidaritas Bhinneka Tunggal Ika’. Intoleransi agama saat ini sedang meningkat sehingga pemerintah pusat juga memberikan perhatian lebih pada toleransi beragama. Undang-undang baru yang memungkinkan agama minoritas dicantumkan pada kartu identitas nasional sedang diperdebatkan.

Analisis Kekuasaan