Pembuatan Film dan Produksi

Setiap langkah dalam membuat video — pra-produksi, membuat film, mengedit — adalah peluang untuk keterlibatan, partisipasi, dan dampak sosial. Merenungkan langkah-langkah ini dan apa yang terjadi sebelum, selama, dan setelah pembuatan film akan membantu Anda memahami bagaimana memaksimalkan dampak di setiap langkah.

Seperti yang dikatakan di bagian lain toolkit ini, penting untuk mengeksplorasi kemungkinan untuk menciptakan keterlibatan yang bermakna dengan komunitas Anda selama proses pembuatan film dan produksi. Ini mendorong keakraban Anda sesama peserta, seiring mereka membentuk sebuah tim, mempelajari keterampilan baru, dan saling mendukung.

Partisipasi menjadi katalisator untuk saling mendengarkan cerita, ide, dan pengalaman tentang isu dan peristiwa penting. Menjajaki dan melibatkan mereka yang ada di akar rumput dalam menciptakan solusi; mempengaruhi mereka yang memiliki kekuatan untuk melakukan perubahan.

Namun, partisipasi juga dapat berupa metodologi kreasi bersama dan kolaborasi, yang terkait tetapi tidak identik dengan apa yang sering disebut sebagai video partisipatif.

Video partisipatif dapat dipahami sebagai sebuah pendekatan yang berfokus utama pada proses, suara dan representasi, inklusi dan kontribusi, dengan penekanan besar pada pengembangan kapasitas dan pemikiran bersama. Metode kreasi bersama atau kolaboratif melibatkan partisipasi masyarakat terdampak dalam berbagai tingkatan untuk menciptakan sebuah video bersama.

Di bawah ini Chris Lunch, salah satu pendiri InsightShare menjelaskan: apa itu video partisipatif?

Pada setiap tahap proses produksi, pertimbangkan lagi dasar dari Nilai dan Metode Video for Change:

  • Pernyataan Dampak — Bagaimana kita dapat meningkatkan peluang bagi adanya dampak sosial yang positif dan tahan lama?
  • Analisis Kekuasaan — Apa dinamika kekuasaan dalam proses ini dan bagaimana kita melihat dan menilainya?
  • Partisipasi dan Inklusi — Di mana dan bagaimana kita dapat menciptakan partisipasi di dalam proses, dengan cara yang memberdayakan dan efektif?
  • Akuntabilitas dan Transparansi — Bagaimana kita dapat bertanggung jawab dan menghormati komunitas kita melalui akuntabilitas dan transparansi?
  • Manajemen Risiko — Efek apa yang dapat ditimbulkan oleh aktivitas kita terhadap mereka yang terlibat, dan bagaimana kita dapat mengelola risiko?
Dampak Keterlibatan