Peningkatan Kapasitas

Peningkatan kapasitas adalah pendorong utama untuk menciptakan dampak. Anda dapat mengujinya dalam inisiatif Anda. Segala kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan jejaring individu atau kelompok adalah peningkatan kapasitas. Kegiatan peningkatan kapasitas dapat terjadi pada setiap tahap inisiatif, di tahap perencanaan dan riset, pembuatan film dan produksi, partisipasi, penjangkauan dan distribusi, serta evaluasi.

Semua kegiatan dalam inisiatif Video for Change mesti mampu mendorong dampak. Dalam banyak kasus, dampak terkait dan bergantung pada peningkatan kapasitas. Fokus pada peningkatan kapasitas inilah yang membedakan pendekatan Video for Change dengan film dokumenter tradisional dan pendekatan komunikasi perubahan sosial lainnya, di mana masyarakat terdampak seringkali hanya menjadi objek.

Dengan mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas, keterampilan masyarakat meningkat dan ‘suara-suara yang tak terdengar’ bermunculan. Pembuatan video menjadi sarana mereka mengembangkan dan memberdayakan diri mereka sendiri. Namun ada banyak inisiatif yang tidak memiliki sumber daya, pengetahuan, atau tidak memiliki fokus untuk melakukan peningkatan kapasitas tertentu.

Namun, itu adalah pendorong utama untuk menciptakan dampak, dan dalam proyek Anda, Anda dapat menguji apakah peningkatan kapasitas berkontribusi dalam membuat pekerjaan Anda lebih baik.

Studi Kasus: Highrise
Highrise oleh Kat Cizek menggambarkan manfaat yang dapat diperoleh dari bekerja sama dengan berbagai komunitas, dan dari riset yang dilakukan secara partisipatoris dalam mengembangkan pengetahuan baru. Video di bawah ini mendokumentasikan bentuk keterlibatan mereka, termasuk mempekerjakan dan melatih anggota masyarakat sebagai peneliti.

Universe Within: proses riset

Studi Kasus: Studi kasus Ngobrol Dengan Teman Tuli
Social Experiment – Ngobrol Dengan Teman Tuli

Video ‘Hambatan Kerja dan Persahabatan’ dibuat teman-teman penyandang disabilitas pendengaran dari Gerkatin Kepemudaan, sebagai bagian dari projek vlog bersama Voice Global. Beberapa teman tuli di video tersebut kemudian mengambil bagian dalam video eksperimen sosial ngobrol dengan teman tuli.

Hasilnya adalah sebuah konten menggelitik seputar pengalaman berkomunikasi pertama kali dengan teman tuli. Ini juga menjadi cara kreatif untuk meningkatkan kesadaran publik tentang isu disabilitas pendengaran. Kedua video tersebut menunjukkan bagaimana peningkatan kapasitas membawa dampak bagi orang-orang yang terlibat di dalamnya. Berdasar pengalaman vlogging mereka kemudian dapat berperan dalam sebuah video yang lebih profesional dengan jangkauan yang lebih luas.

Peningkatan kapasitas yang efektif meningkatkan keterampilan penggunaan video dan pemahaman peserta tentang peran mereka sekaligus pemahaman tentang etika ketika menggunakan Video for Change.

Saat membangun kemampuan peserta untuk mengambil rekaman atau melakukan wawancara, mereka sedang menerapkan bagaimana menghormati orang yang mereka rekam atau wawancara, sesuai dengan Nilai dan Metode Video for Change. Penting untuk subjek video yang direkam oleh peserta insiatif video Anda menyatakan kesediaannya, misalnya dengan mengisi formulir persetujuan tindakan. Dengan demikian Anda telah melibatkan komunitas dengan cara yang inklusif dan partisipatif, sesuai prinsip Video for Change.

Dalam beberapa inisiatif Video for Change, peningkatan kapasitas adalah tujuan utama. Untuk itu Anda perlu bertukar pengetahuan dengan orang-orang yang terlibat dalam inisiatif Anda dan dengan praktisi Video for Change lainnya secara terus menerus.

Peningkatan Kapasitas dapat meliputi:

  • melatih komunitas menggunakan nilai dan metode Video for Change, keterampilan teknis atau strategi untuk menceritakan kisah mereka sendiri (visual storytelling)
  • mengembangkan panduan dan sumber daya untuk mengatasi kesenjangan keterampilan dan kapasitas
  • mengorganisir dan menyelenggarakan acara atau lokakarya untuk berbagi pengalaman di antara pembuat video, termasuk praktek langsung dan pengembangan kerja kolaboratif.

Peningkatan kapasitas tidak segera menghasilkan dampak, membutuhkan waktu untuk dapat melihatnya. Dampak mungkin baru akan kita lihat setelah inisiatif selesai dilakukan.

Kashim Unheard adalah contoh bagaimana peningkatan kapasitas menyebabkan dampak jangka panjang yang berkelanjutan.

Merancang Peningkatan Kapasitas