Langkah Dua: Desain Teori Perubahan

Teori perubahan adalah teknik yang mengomunikasikan dampak yang harus diciptakan untuk menggerakan perubahan sosial yang Anda tuju. Ini menjelaskan kepada Anda dan para pemangku kepentingan, kenapa dan bagaimana inisiatif Anda dapat membawa dampak.

Untuk menulis teori perubahan Anda, jawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apa perubahan sosial yang sedang Anda upayakan?
  • Apa yang harus terjadi agar perubahan sosial ini tercapai?
  • Bagaimana cara terbaik Anda untuk dapat berkontribusi kepada perubahan sosial ini dengan inisiatif Anda?
  • Bagaimana Anda memaksimalkan dampak Anda menggunakan sumber daya yang Anda miliki?

Metode

Metode dan kegiatan berikut ini dibuat berdasarkan metode pada langkah 1. Tujuannya untuk membantu Anda mengidentifikasi perubahan apa saja yang harus disasar agar tujuan akhir Anda tercapai. Bersama-sama, hal tersebut akan memungkinkan Anda untuk mengembangkan teori perubahan Anda sendiri.

Buat pernyataan niat yang jelas tentang perubahan yang Anda cari

Tuliskan perubahan utama yang sedang Anda upayakan. (Anda dapat merujuk kembali ke Pernyataan Dampak). Ini bisa berupa pernyataan singkat seperti “Mengurangi diskriminasi terhadap pekerja rumah tangga di Jawa Barat” atau dapat pula mengarah pada penjelasan lebih rinci tentang masalah yang ingin Anda atasi.

Perhatikan bahwa semakin spesifik pernyataan tujuan, semakin mudah perubahan itu untuk dicapai dan diukur.

Bagikan pernyataan ini dengan beragam orang. Jika memungkinkan, sertakan orang-orang yang mungkin tidak setuju atau yang tidak terlibat. Gunakan ini sebagai kesempatan untuk mendengarkan (bukan mengubah).

Ini bisa sesederhana membacakan tujuan Anda kepada seseorang dan bertanya, “Ini adalah tujuan dari proyek yang sedang saya teliti; saya ingin mendapatkan masukan Anda. Apa pendapat Anda tentang tujuan ini?” Dokumentasikan tanggapan ini dan bagikan dengan tim Anda, komunitas yang terkena dampak, dan para pemangku kepentingan (stakeholder) lainnya. Baca bagian Akuntabilitas dan Transparansi untuk lebih mengerti mengapa hal ini penting.

Perhatikan bahwa pernyataan ini dapat digunakan sebagai dasar Pernyataan Dampak.

Buat dokumen teori perubahan Anda

Mengisi formulir ini membantu Anda membuat teori perubahan Anda sendiri. Berikut beberapa usulan kegiatan dalam menyusun teori perubahan Anda.

  • Identifikasi dalam satu atau dua kalimat perubahan sosial yang ingin Anda upayakan atau berkontribusi di dalamnya.
  • Pertimbangkan dan diskusikan perubahan yang perlu terjadi agar perubahan sosial ini dapat terwujud. Lingkungan macam apa yang dibutuhkan? Anda mungkin perlu menyelidiki dan berkonsultasi untuk menjawab hal ini.
  • Mulailah dari daftar tipe perubahan sosial. Cobalah untuk mengidentifikasi jenis perubahan apa (saja) yang kemungkinan besar akan dicapai oleh video Anda. (Misalnya, jika Anda terhubung baik dengan pembuat kebijakan atau ke media mainstream, Anda mungkin memiliki keunggulan yang lebih besar untuk memengaruhi perubahan kebijakan.)
  • Setelah Anda memutuskan tipe perubahan yang ingin dicapai, Anda dapat mengadakan sesi “curah pendapat popcorn”. Ini dilakukan dalam grup untuk menjaring ide secara bebas dan mengalir cepat. Idealnya, Anda turut mengajak anggota komunitas dan pemangku kepentingan utama, atau paling tidak Anda mengikutsertakan sebanyak mungkin orang yang akan terlibat pada inisiatif video Anda. Gunakan waktu sekitar 5-10 menit untuk berbagi ide. Mintalah peserta menuliskan ide mereka di kertas tempel (post-it) saat mereka mengucapkannya. Penting bagi fasilitator untuk menekankan bahwa tidak ada yang namanya ide buruk dan mendorong peserta berpikir di luar kelaziman.
  • Setelah Anda memiliki daftar panjang ide untuk inisiatif video Anda, buat gugusan ide dengan mengelompokkan catatan tempel Anda (atau catatan post-it) di dinding. Berikan tiap orang tiga suara, yang mereka berikan dengan membuat tanda pada post-it. Beritahu semua orang yang berpartisipasi untuk berpikir dari berbagai sudut pandang, termasuk sudut pandang orang-orang yang ingin Anda jangkau, mereka yang dapat berbuat sesuatu, atau mereka yang terlibat dalam menciptakan inisiatif video Anda. Diskusikan dan perbaiki daftar ini sampai Anda memperoleh kesepakatan tentang bagaimana inisiatif Anda akan berkontribusi secara maksimal terhadap perubahan.
  • Daftar Anda sekarang dapat dilihat sebagai set ide pertama. Anda mungkin ingin menindaklanjuti dengan diskusi kelompok terarah (focus group discussion) atau mendapatkan umpan balik dari pemangku kepentingan lain.
  • Terakhir, tambahkan rencana video Anda ke dalam dokumen logika teori perubahan, menggunakan format yang disediakan.
Langkah Tiga: Kenali peserta, audiens, dan target Anda