Langkah Satu: Mengapa video ini?

Penting untuk menjawab pertanyaan mengapa Anda memulai inisiatif Video for Change. Apa masalah spesifik yang akan dicakup dalam inisiatif Anda, hasil apa yang mungkin dicapai, dan siapa yang terlibat?

Sebagai contoh, kita dapat melihat Rofi Nur Fauzie menyampaikan alasan kenapa dia membuat film 50:50, tentang waria lanjut usia.

Anda dapat merujuk pada Pernyataan Dampak untuk menjawab beberapa pertanyaan ini.

Dengan jawaban yang jelas atas pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda dapat memulai diskusi dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk masyarakat yang terkena dampak, tentang apa yang perlu dilakukan untuk mengubah situasi mereka.

Penting bahwa Anda dan orang-orang yang terlibat dalam inisiatif Anda memahami kompleksitas situasi dan dinamika yang telah terjadi, sehingga muncul harapan akan suatu perubahan tertentu. Bahkan jika Anda sudah sedikit tahu tentang isu yang ingin Anda atasi, buatlah catatan akan pemikiran-pemikiran tersebut.

Fledgling Fund menyarankan Anda mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apakah video Anda menambah atau memperdalam pemahaman kita tentang masalah ini?
  • Apakah perspektif yang dipaparkan dalam video Anda unik?
  • Apakah inisiatif Anda mungkin akan membuat perbedaan?
  • Apakah mungkin untuk mengubah sikap dan bahkan perilaku?
  • Apakah permasalahan ini secara sosial sudah cukup matang untuk perubahan?
  • Bisakah proyek ini menggerakan isunya? Atau akankah ada sesuatu yang hilang jika proyek tersebut tidak dimulai?

Metode

Metode berikut ini berguna selama tahap penelitian dan perencanaan. Tidak perlu menggunakan semuanya. Pilih dan sesuaikan hal-hal yang cocok untuk Anda, sesuaikan juga dengan sumber daya dan keterampilan yang Anda miliki.

Tinjau kembali penelitian yang telah ada

Pelajari laporan, buku, jurnal, dan artikel berita untuk menyusun ringkasan tentang apa yang Anda ketahui tentang situasi tersebut, termasuk peristiwa-peristiwa penting, fakta, dan statistik. Hal Ini akan membantu Anda dalam memahami konteks politik, sosial, dan budaya dari situasi Anda. Sertakan juga ulasan video dan film lain tentang situasi tersebut.

Buat ringkasan dokumen dan presentasi untuk komunitas peserta, para pemangku kepentingan utama, dan tim proyek untuk memastikan semua orang mengetahui apa yang telah didokumentasikan. Dokumen ringkasan akan menjelaskan situasi dan konteks utama yang berkontribusi pada situasi yang ingin Anda ubah. Perhatikan celah dalam penelitian atau pertanyaan-pertanyaan yang masih belum terjawab.

Penemuan berbasis komunitas atau partisipan

Penemuan yang berasal dari kontribusi peserta dapat memperkaya proses penelitian dan perencanaan Anda, karena orang-orang dan masyarakat yang terlibat akan lebih terwakili. Anda dapat menggunakan jaringan dan kontak yang ada untuk mengundang orang agar menyumbangkan informasi atau pengetahuan, dan Anda juga dapat menggunakan media, termasuk media komunitas, untuk mengajak berpartisipasi. Salah satu metode riset yang melibatkan masyarakat secara aktif adalah ‘Participatory Action Research.’

Mewawancarai orang atau memfasilitasi diskusi kecil

Kumpulkan data asli penelitian lewat obrolan dengan orang secara informal pada tahap ini. Mungkin saja tidak ada orang lain yang menulis atau membuat video tentang persoalan yang Anda pilih, atau bahwa suara dan perspektif komunitas yang terdampak telah diabaikan dalam video yang diproduksi sebelumnya. Oleh karena itu, pada titik ini, diskusi informal sangat penting untuk membangun kepercayaan dengan mereka yang dapat memberi informasi untuk penelitian Anda

Anda juga dapat mengirim email atau WhatsApp kepada orang-orang tentang pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab, atau melakukan pengumuman publik dan meminta orang-orang untuk merekam jawaban mereka di video seluler dan mengirimkannya kembali kepada Anda. Jika hal ini masuk akal untuk inisiatif Anda, Anda dapat membuat penelitian lebih terbuka lewat jalur online, dimana Anda memulai dialog dengan orang-orang yang terkena dampak dari suatu persoalan.

Lakukan analisis data asli

Anda dapat mengajak kolaborator untuk membantu Anda menganalisis, memetakan, atau memvisualisasikan data dengan cara tertentu yang dapat membantu Anda mengidentifikasi narasi, pola, dan kerangka baru. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengajukan pertanyaan yang mungkin belum ditanyakan atau dijawab.

Anda dapat mengadakan acara di sebuah tempat di mana relawan dan pakar lainnya dapat berkumpul untuk mengumpulkan, menganalisis, atau memvisualisasikan data. Anda juga dapat mengadakan apa yang dikenal sebagai ‘ekspedisi data’, di mana tim ahli bekerja (baik online atau offline) untuk membantu Anda berpikir tentang cara-cara baru mengatasi persoalan menggunakan teknologi, data, dan bukti.

Secara kolektif mengidentifikasi fakta-fakta kunci dan kesenjangan pengetahuan

Kumpulkan fakta-fakta kunci, data (termasuk foto atau video), atau kutipan yang menurut Anda paling baik menggambarkan aspek-aspek penting dari situasi yang ditangani oleh inisiatif Video for Change Anda. Sampaikan fakta, data, dan kutipan ini ke tim proyek Anda dan peserta kunci untuk ditelaah lebih jauh dan didiskusikan.

Fasilitasi diskusi yang memungkinkan mereka untuk bertanya tentang informasi tersebut. Urutkan data berdasarkan tingkat kepentingan, baik secara individu maupun kolektif. Kemudian, diskusikan apa yang paling penting bagi inisiatif Anda dan buat daftar prioritas penelitian tambahan yang perlu dipecahkan untuk mengatasi celah pengetahuan yang belum terjawab. Tujuannya adalah untuk menemukan celah pengetahuan yang dapat membawa pada wawasan baru.

Tanyakan pemangku kepentingan (stakeholder) utama atau peserta tentang apa yang ingin mereka ketahui

Seringkali orang yang paling terdampak oleh suatu masalah adalah orang yang paling tepat untuk menentukan pertanyaan apa yang perlu dijawab oleh penelitian Anda. Untuk menanyakan kepada orang-orang yang relevan apa yang ingin mereka ketahui tentang persoalan yang Anda selidiki, letakkan papan pertanyaan proyek di ruang proyek Anda. Pastikan papan pertanyaan itu dapat diakses oleh pemerintah daerah, organisasi masyarakat, perusahaan swasta, dan anggota masyarakat. Papan ini dapat dipublikasikan secara online dan/atau offline – dan terus tambahkan isi di dalamnya. Pertanyaan-pertanyaan ini dapat anda gunakan untuk mendorong proses penelitian.

Buat video uraian masalah

Sebuah video pendek yang disajikan kepada para pemangku kepentingan dapat membantu mereka dengan cepat memahami tujuan dari inisiatif ini. Video ini dapat menjelaskan bagaimana Anda melihat masalah dan bagaimana Anda telah menjelajahi dan menganalisanya, dan dapat digunakan untuk menghasilkan diskusi baru tentang apa yang sedang terjadi dan apa yang mungkin dilakukan tentang hal itu. Ini adalah cara yang inklusif dan terbuka untuk memulai proyek, tanpa mengasumsikan Anda perlu tahu segalanya dan memiliki semua solusi.

Sebagai contoh Anda dapat menonton video diary berjudul “17 tahun Ke Atas” yang dibuat oleh sekelompok remaja yang menceritakan persoalan yang mereka hadapi di desanya. Video yang dibuat pada tahun 2007 tersebut memiliki umur yang sangat panjang karena konten video tersebut masih relevan sampai sekarang.

Pelaku pendidikan formal dan informal, pekerja LSM, terutama yang bergerak di isu pendidikan, remaja dan perempuan di dalam dan di luar negeri, menggunakan video tersebut dalam wilayah kerjanya masing-masing. Mereka mengatakan bahwa persoalan nikah muda digambarkan dengan amat jelas karena pembuatnya adalah remaja perempuan itu sendiri. Audiens dapat merasakan kegelisahan pembuatnya dalam menghadapi persoalannya dan karenanya membuka mata audiens akan persoalan tersebut.

Langkah Dua: Desain Teori Perubahan